SELAMAT DATANG DIBLOG MAPALA UNSULTRA PUSAT INFORMASI DAN KEGIATAN PECINTA ALAM SULAWESI TENGGARA

BROSUR ROCK TO THE TOP

BROSUR ROCK TO THE TOP

PERUSAHAAN TAMBANG

>> Minggu, 26 April 2009

PT.INCO BANGUN PABRIK SENILAI 500 JUTA US DOLLAR

Pt.internasional nickel indonesia tbk (pt.inco) akhirnya memutuskan membangun pabrik pengolahan biji nikel di kecamatan pomalaa, kabupaten kolaka, sulawesi tenggara. proyek bernilai 500 juta dollar as tersebut telah tertunda sejak 3 tahun lalu.

Dalam kegiatan workshop yang diselenggarakannya, pihak pt inco menyatakan, pabrik yang akan segera dibangunnya itu, menggunakan teknologi terbaru yakni high pressure acid liquid (hpal) dalam pengolahan bijih nikel.

Berdasarkan kontrak karya tahun 1996/ total nilai investasi yang tercantum guna membangun pabrik tersebut mencapai 500 juta dollar as, nilai itu masih akan lebih besar karena belum termasuk perubahan harga barang baku yang telah naik.

Proses pembangunan pabrik, saat ini menunggu hasil penyusunan amdal dan tahap penyelesaian surat izin mulai dari tingkat pusat, propinsi maupun ditingkat kabupaten, yang jumlahnya mencapai ratusan surat izin.

Pt inco berada di kabupaten kolaka sejak tahun 1968, menguasai 63 ribu hektar lahan potensial mengandung bijih nikel. Namun, tahun ini pt inco baru merealisasikan janjinya membangun pabrik. Padahal, sesuai kontrak karya perusahaan nikel asal kanada itu, diharuskan membangun pabrik tahun 2005 lalu.

Selain di kabupaten kolaka, pt inco saat ini sedang membangun pabrik yang sama di bahodopi, kabupaten morowali, sulawesi tengah. serta dalam tahap pengembangan proyek pembangunan bendungan karebe yang saat ini terkendala malasah perizinan dengan departemen kehutanan.
Direktur proyek pomalaa dan bahodopi pt inco, kuyung andrawina menyatakan, alasan mendasar terlambatnya realisasi pembangunan pabrik tersebut, terkait dengan ketidakstabilan harga nikel dunia saat ini.

Terlambatnya pembangunan pabrik tersebut juga disebabkan adanya perjanjian antara pt inco dan pt aneka tambang mengenai kerjasama pengolahan lahan konsesi tambang milik pt inco. selain pt inco, pt aneka tambang juga beroperasi di kabupaten kolaka dengan luas areal konsesi sebesar 8.300 hektar/

Post by: Arwan ganda saputra

0 komentar:

Forum Komunikasi Masyarakat Sultra

About This Blog

Forum Komunikasi Masyarakat Sultra

Lorem Ipsum

Kendari Blogger Community

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP